OIC Youth Indonesia

Pemuda Indonesia Terpilih kembali menjadi Wakil Presiden Pemuda Islam Dunia (ICYF)

Delegasi Republik Indonesia dalam 4th ICYF General Assembly 2021

Istanbul, Ketua NYC Indonesia dan Pendiri Pemuda OKI Indonesia Tantan Taufiq Lubis, Wakil Ketua Indonesia NYC dan Sekretaris Jenderal OKI Youth Indonesia Sarief Saefulloh dan Wakil Ketua NYC Indonesia dan Wakil Presiden Pemuda OKI Indonesia Aziz Fauzul Adzim, dan Wakil Sekretaris Jenderal Sofyan Lausiry akan berpartisipasi dalam Sidang Umum ke-4 di Istanbul, Turki pada 25-28 Agustus yang diselenggarakan oleh Forum Pemuda Kerjasama Islam/Islamic Cooperation Youth Forum (ICYF). H.E Mr. Taha Ayhan, Presiden Islamic Cooperation Youth Forum (ICYF) telah mempresentasikan laporan kerja dan strategi forum kepada anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Opening ceremony yang telah diselenggarakan tanggal 25 Agustus 2021 dibuka untuk umum secara live streaming di berbagai media sosial resmi ICYF. Pada upacara pembukaan, Presiden Republik Turki Recep Tayyip Erdogan, Sekretaris Jenderal Organisasi Kerjasama Islam Yousef Al-Othaimeen, menteri pemuda dan olahraga Turki sebagai tuan rumah, Menteri Pemuda dan Olahraga negara-negara OKI lainnya seperti Palestina, Libya, Gambia, Azerbaijan, dan Senegal juga memberikan pidato sambutan.

Perwakilan dari 56 negara anggota akan membahas strategi Pemuda OKI Dunia/ICYF sebagai organ resmi OKI yang mengurusi kepemudaan, pengembangan pemuda, pemberdayaan ekonomi, budaya, seni, olahraga, jaringan, dan isu-isu lingkungan selama pertemuan dua hari. Statistik dan kesimpulan tentang proyek yang dikembangkan di area ini akan dibagikan kepada negara-negara anggota OKI. Sidang Umum, yang tertutup untuk pers setelah upacara pembukaan, ditutup dengan persetujuan resolusi forum. Didirikan pada tahun 2004 di Baku, ICYF adalah organisasi internasional non-komersial, non-partisan yang menyatukan organisasi payung pemuda terkemuka dari negara-negara anggota OKI serta organisasi pemuda internasional yang mewakili minoritas Muslim di seluruh dunia.

Adapun hasil dari Sidang Umum Pemuda OKI se-Dunia adalah sebagai berikut:

  1. Pemuda Indonesia, Tantan Taufiq Lubis dipercayakan dan terpilih kembali menjadi Asia Representative of ICYF, Sekaligus Menjadi Vice President Pemuda Islam Untuk Tingkat Dunia mendampingi President Taha Ayhan dari Turki. Telah terpilih Vice President baru Alegia Jarju dari Gambia mewakili African Region dan Dr. Mohamad Hazimeh dari Lebanon mewakili Arab Region.
  2. Pemuda OKI Dunia/ICYF dan ICYF Eurasian Regional Center (ICYF-ERC) sebagai organ afiliasi OKI yang mengurusi pembangunan dan pemberdayaan pemuda di 56 negara telah menjadi mitra berbagai kegiatan kepemudaan di region Asia, Afrika, Arab, Eurasia, dan Indonesia sebagai salah satu mitra strategis.
  3. Sidang Umum juga menghasilkan Resolusi mengenai Karabakh, Afghanistan, Palestina, Kashmir, Rohingya, dan Uyghur khususnya mengenai kemanusiaan dan perdamaian.
  4. Apresiasi para perwakilan pemuda terhadap Pemerintah Turki, Azerbaijan, Pakistan, Qatar, Bangladesh dan Lebanon atas dukungan pemerintah setempat untuk kegiatan kepemudaan dan kerjasamanya dengan ICYF sebagai tuan rumah sekretariat, tuan rumah berbagai kegiatan high level pemuda, dan tuan rumah Ibukota Pemuda OKI/OIC Youth Capital.
  5. Apresiasi terhadap secretariat ICYF yang telah menyukseskan pembentukan Model OIC (MOIC) University Representatives di berbagai universitas dan kampus di negara-negara anggota OKI dan mendukung sepenuhnya penunjukan MOIC Country Representatives di 29 negara, termasuk Pakistan, Bangladesh, Bosnia Herzegovina, Filipina, Malaysia, Myanmar, Amerika Serikat, Maroko, Tunisia, Ethiopia, Niger, dan lainnya. Indonesia adalah salah satu negara yang sudah mempunyai Country Representative untuk MOIC program yang kini diemban oleh Presiden OIC Youth Indonesia, Astrid Nadya Rizqita.
  6. Tidak hanya di tingkat pemudanya, namun pemerintah negara-negara lain diharapkan dapat berkontribusi lebih aktif dalam penyelenggaraan kegiatan di bawah Forum Pemuda OKI Dunia.
  7. Ucapan terima kasih dan apresiasi seluruh perwakilan pemuda kepada host country Republik Turki dan sekretariat ICYF tidak hanya atas pelayanan dan hospitalitynya selama Sidang Umum, namun juga selama menjadi host country untuk tuan rumah kantor sekretariat ICYF.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *