OIC Youth Indonesia

Visitasi 4 Perwakilan OIC Youth Indonesia di KBRI Bangkok

Bangkok. Senin, 5 Agustus 2019. Pada pagi hari ini, Kedutaan Besar Republik Indonesia menerima kunjungan dari 4 anggota perwakilan OIC (Organization of Islamic Cooperation) Youth Indonesia. Kunjungan tersebut bertujuan membuat para anggota tersebut lebih dapat  mengenal Thailand lebih baik sekaligus juga permintaan doa restu secara resmi berkaitan dengan agenda mereka yang akan melakukan Kunjungan ke Thamasat University. Kunjungan mahasiswa tersebut disambut hangat oleh Bapak Dicky Komar selaku Wakil Dutas Besar RI untuk Kerajaan Thailand, serta didampingi oleh Bapak Mustari selaku Kepala Atase Pendidikan dan Kebudayaan.

Acara diawali dengan penjelasan dari salah satu perwakilan OIC Youth Indonesia mengenai tujuan mereka datang ke Bangkok, bahwa dalam rangka telah terlantikanya kepengurusan mereka yang baru, mereka melakukan kunjungan ke Thamasat University sebagai bentuk agenda field trip. Perwakilan OIC Youth Indonesia juga menjelaskan tentang program OIC Youth Indonesia mendatang, komitmen mereka untuk melakukan kerja sama yang baik dengan instansi atau organisasi apa pun secara lokal dan internasional, serta melaksanakan agenda lain yakni mengikuti Future Leader Congress di Thailand.

Agenda dilanjutkan dengan ucapan selamat datang dan selamat menikmati waktu di Thailand serta penjelasan dari Wakil Duta Besar mengenai Bangkok dan Thailand itu sendiri. Dalam pertemuan pada hari ini, pembahasan lebih banyak mengarah pada isu kepemudaan, yang mana isu tersebut menjadi sangat penting dan terus digalakan oleh berbagai kalangan termasuk juga dari pemerintah RI dan KBRI Bangkok itu sendiri. Berkaitan dengan diplomasi, seharusnya hal tersebut dapat digalakan oleh semua masyarakat, dan pemuda yang seharusnya dapat menjadi penggerak.

Dalam pembahasannya, bapak wakil duta besar mengamanatkan bahwa agenda yang akan dilakukan seharusnya bisa menjadi momentum untuk berbagi kepada sesama atas ilmu-ilmu yang telah didapat, karena tidak semua pemuda memiliki kesempatan yang sama untuk bisa ikut terlibat dalam forum-forum internasional. Harapannya agar bisa membantu membuka peluang kepada pemuda-pemuda lain yang ada di Indonesia untuk juga bisa lebih berkembang. Dalam amanatnya juga bapak wakil duta besar mengaharapkan mereka untuk bisa mengambil manfaat sebanyak-banyaknya sembari membuka diri sebaik-baiknya sebagai masyarakat yang membawa nama Indonesia ke dunia Internasional, serta secara objektif memberikan komparasi untuk untuk bisa mengembangkan Indonesia menjadi lebih baik. Dalam hal ini pemuda seharusnya memiliki peranan mengenai hal tersebut.

Pada penghujung acara kunjungan ditutup dengan ucapan terima kasih dari kedua belah pihak, dan ucapan selamat mengikuti conference kepada anggota OIC Youth Indonesia yang datang serta melakukan foto bersama.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *